Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23124
Title: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPINNING WHEEL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN
Authors: NINGSIH, YULIA SURYA
Keywords: Keaktifan;pengaruh
Issue Date: 27-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran berbasis spinning wheel pada pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis spinning wheel terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata skor perolehan siswa yang menggunakan media spinning wheel lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata skor perolehan siswa tanpa menggunakan media pembelajaran spinning wheel yaitu 87 dibandingkan 94. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yang menggunakan media pembelajaran spinning wheel yaitu 100. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa tanpa menggunakan media pembelajaran spinning wheel yaitu 96. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan media pembelajaran spinning wheel dan tanpa media pembelajaran spinning wheel ini dibuktikan oleh hasil Nilai signifikan (2-tailed) 0,009 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian t hitung 2,828 > t tabel 1,701. Maka kesimpulan dari pengujian hipotesis adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya pengaruh media pembelajaran berbasis spinning wheel terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23124
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SIDANG_YULIA_SN_2[1].pdfFull Text5.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.