Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23121
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 106160 TANJUNG REJO
Authors: AMALIA, RISKA
Keywords: Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write);Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Issue Date: 27-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan, untuk mengetahui, untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol. Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) diperoleh sebesar 78,85 dibandingkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol diperoleh sebesar 59,84. Nilai tertinggi pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) ialah 95 dibandingkan nilai tertinggi pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional ialah 80. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada kelas eksperimen, hal ini dibuktikan oleh nilai pada uji t dengan nilai signifikansi taraf 5% dengan memperoleh nilai sig (2- tailed) 0.000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka adanya pengaruh model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23121
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RISKA AMALIA (1902090133).pdfFull Text4.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.