Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2306
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnnisa, Asri-
dc.date.accessioned2020-03-10T04:36:28Z-
dc.date.available2020-03-10T04:36:28Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2306-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan kemampuan berdiskusi siswa kelas VII MTs Negeri 3 Medan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan kemampuan berdiskusi siswa kelas VII. Metode diskusi yaitu interaksi antara siswa dan siswa atau siswa dan guru untuk menganalisa, memecahkan masalah, menggali atau memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu. Subjek dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu mereka para informan yang dijadikan sebagai narasumber untuk menggali informasi yang dibutuhkan peneliti, penelitian ini menggali informasi dari kepala sekolah, wali kelas, dan guru bimbingan dan konseling. Objek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis data dengan menggunakan observasi dan wawancara mengembangkan kemampuan berdiskusi siswa kelas VII yang telah dicapai mendapat perubahan dengan penerapan layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian penerapan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan kemampuan berdiskusi siswa kelas VII MTs Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018en_US
dc.subjectPenerapan Layanan Bimbingan Kelompoken_US
dc.subjectKemampuan Berdiskusi Siswaen_US
dc.titlePenerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Kemampuan Berdiskusi Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.