Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23069
Title: Pengaruh Penggunaan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 11 Medan.
Authors: Harahap, Suliska Maulidina
Keywords: Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berhitung
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan realistic mathematics education terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SD Muhammadiyah 11 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok true eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Muhammadiyah 11 Medan yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan test. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan realistic mathematics education lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan realistic mathematics education yaitu 88,62 banding 85,30. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan pendekatan realistic mathematics education adalah 100. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan pendekatan realistic mathematics education adalah 100. Berdasarkan Hasil Uji Hipotesis diatas dengan menggunakan Independent Samples Test terdapat bahwa Nilai Sig (2-tailed) adalah 0,034 ≤ 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa kelas eksperiment 2B terbukti bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 11 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23069
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi_suliska maulidina harahap_1902090183.pdf7.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.