Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23046
Title: Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan
Authors: Sari, Yuli Permata
Keywords: Metode Bermain Peran, Kesadaran Sejarah
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini berdasarkan atas kurangnya penggunaan metode pembelajaran sehingga menurunnya kesadaran sejarah siswa. Rumusan masalah pada penelitian yaitu Bagaimana kesadaran sejarah sebelum menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, Bagaimana kesadaran sejarah sesudah menggunakan metode bemain peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, dan Bagaimana pengaruh metode bermain peran terhadap kesadaran sejarah pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Untuk mengetahui kesadaran sejarah sebelum menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, Untuk mengetahui kesadaran sejarah sesudah menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, dan Untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kesadaran sejarah pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan Juli-Agustus 2023. Populasi penelitian berjumlah 50 siswa dengan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan sebanyak 50 siswa. Teknik pemilihan sampel penelitian adalah sampling total. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket yang telah valid. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent T-Tes. Hasil dari penelitian berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji independent t-tes pada aplikasi SPSS 23 for Windows yaitu 0,000 dengan taraf signifikan 95% atau α = 0,05 maka dari tabel distribusi t dimana nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23046
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_YULI PERMATA SARI.pdf7.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.