Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2303
Title: Pengaruh Layanan Penguasaan Konten (Pembelajaran) Dalam Mengatasi Siswa yang Kurang Minat Belajar Kelas VIII MTs Negeri 2 Rantau Prapat
Authors: Siregar, Sukma Suriyani
Keywords: Layanan Penguasaan Konten;Minat Belajar
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Minat belajar adalah kecendrungan seseorang yang ditimbulkan dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan layanan penguasaan konten di sekolah MTs Negeri 2 Rantau Prapat Tahun Pembelajaran 2017/2018 ?, 2) Minat belajar di sekolah MTs Negeri 2 Rantau Prapat Tahun Pembelajaran 2017/2018 ?, 3) Pengaruh layanan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar kelas VIII MTs Negeri 2 Rantau Prapat Tahun Pembelajaran 2017/2018 ?,. Untuk menjawab suatu pertanyaan maka penulis mengambil lokasi di MTs Negeri 2 Rantau Prapat. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 213 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 28 siswadengan menggunakan purpostive sampling.instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket yang diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, dan analisa data dalam penelitian ini menggunakan Product Moment. Hasil penelitian yang diperolehadalah bahwa hasil r = 0,714. Harga rhitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan rtabel. Untuk taraf signifikan 5% dan n = 28, maka rtabel = 0,361 dan rhitung = 0,714. Hal ini dapat disimpulkan bahwa rhitung> rtabel (0,714 > 0,361) berarti ada pengaruh layanan penguasaan konten dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar. Dan untuk mengetahui taraf signifikan maka melalui uji t.berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh thitung = 5,185 dengan taraf signifikan nyata α = 0,05 dk =n-2 = 28-2 =26. Selanjutnya H0 diterima jika thitung > ttabel. Berdasarkan ttabel = 2,048 dapat dilihat bahwa thitung> ttabel (5,185 > 2,084). Maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima dan ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2303
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.