Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23028
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SIMBOLON, SITI ERNIDA | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-27T01:55:06Z | - |
dc.date.available | 2023-11-27T01:55:06Z | - |
dc.date.issued | 2023-11-27 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23028 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan guru di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo, karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu Bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum menggunakan metode talking stick, bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn sesudah menggunakan metode talking stick, dan bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode talking stick di kelas V SD 106160 Tanjung Rejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo yang berjumlah 24 siswa yang terdiri perempuan dan laki-laki. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Tehnik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Hasil keaktifan belajar siswa sebelum diterapkan metode talking stick siswa yang tuntas 5 siswa dengan presentase 21% dan tidak tuntas 19 siswa dengan presentase 79%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus 1 terdapat 13 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 54% dan sisa yang tidak tuntas 11 siswa dengan presentase ketuntasan 46%, berarti ada penigkatan di siklus I, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 20 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 83% dan siswa yang tidak tuntas 4 siswa dengan presentase ketuntasan 17%. Dengan demikian ada peningkatan presentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 7 siswa. | en_US |
dc.subject | Keaktifan Belajar | en_US |
dc.subject | Metode Talking Stick | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE TALKING STICK DI KELAS V SD NEGERI 106160 TANJUNG REJO | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SITI ERNIDA SIMBOLON (1902090127).pdf | Full Text | 6.43 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.