Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23020
Title: PENGARUH METODE SAVI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN
Authors: ISMI, NURUL
Keywords: Metode SAVI;Keterampilan;Proses Pembelajaran
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses pembelajaran khusunya pada mata Pelajaran IPA dan beberapa hal lainnya salah satunya guru lebih sering menggunakan metode ceramah pada saat proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa menjadi jenuh, bosan, tidak fokus hingga berkelahi selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui keterampilan proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan sebelum menggunakan metode pembelajaran SAVI, 2) Untuk mengetahui keterampilan proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan sesudah menggunakan metode pembelajaran SAVI, 3) Untuk mengetahui pengarus metode SAVI dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli- Agustus 2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan sebanyak 40 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 23 siswa dan kelas VB sebanyak 17 siswa. Sampel pada penelitian adalag kelas VA sebanyak 23 siswa, dengan Teknik sampe pada penelitian ini adalah Teknik sampling jenuh. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah : 1) uji validasi ahli berupa lembar observasi, 2) Uji hipotesis berupa Paired sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode SAVI terhadap keterampilan proses pembelajaran IPA siswa kelas VA SD Muhammadiyah 21 Medan. Hal ini terlihat dari data analisis hipotesis dengan uji Paired sample t-Test. Menggunakan SPSS 22. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dapat dilihat bahwa nilai signifikan sebesar .000 yang mana 0,000 < 0.005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode SAVI dalam keterampilan proses pembelajaran IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23020
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURUL ISMI .pdfFull Text5.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.