Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23016
Title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN
Authors: LOVANES, CINDY
Keywords: Model Pembelajaran;HASIL BELAJAR
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih kurang penalaran terhadap pembelajaran matematika sehingga berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 Siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik sampling jenuh. Teknik sampel jenuh ini merupakan Teknik sampel jika semua anggota populasi relatif sedikit. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 siswa dengan hanya mengambil 1 kelas yaitu kelas V sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian ini menggunakan lembar tes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-eksperimental design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Postest yang hanya dilakukan pada satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena pada analisis uji t diperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05, maka Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan. Hasil dari Pre-test yang diberikan sebelum menggunakan perlakuan hanya 17 siswa yang memenuhi KKM dan 14 siswa belum memenuhi KKM. Sedangkan hasil dari post test yang diberikan setelah menggunakan perlakuan seluruh nya sudah memenuhi standart KKM yaitu 31 siswa. Maka terdapat pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23016
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CINDY LOVANES .pdfFull Text3.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.