Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22964
Title: PEMANFAATAN APLIKASI “SMK TELKOM MEDAN” SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA
Authors: HIDAYAH, TAUFIQ
Keywords: E-learning, Internet, Media Komunikasi
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini membahas tentang perkembangan teknologi dan informasi, juga pemanfaatannya sebagai media komunikasi dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dampak dan manfaat perkembangan teknologi sebagai media komunikasi bagi perkembangan bersosial di dunia pendidikan antara guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan beberapa narasumber. Teknik analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Pendekatan penelitian ini mengunakan kualitatif dengan jenis penelitian dalam bentuk metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan pemanfaatan media komunikasi untuk menciptakan pembelajaran yang efektif akan tetapi tidak menurunkan pemahaman siswa di sekolah Smk Telkom Medan serta tidak hilangnya proses bersosial antar guru dan juga siswa. Keunggulan aplikasi “Smk Telkom Medan” sangat membantu dan memudahkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan efektif dan kelebihan aplikasi pembelajaran ini sangat membantu para siswa mendapatkan materi belajar yang diberikan juga jadwal kelas membantu murid lebih disiplin dan teratur. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata penulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22964
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TAUFIQ HIDAYAH.pdf3.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.