Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22962
Title: PENGARUH METODE YANBU’A TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA CENDEKIA
Authors: GINTING, SITIHARIATI BR
Keywords: Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan yaitu kemampuan sebagian siswadalam membaca Al-Qur’an masih rendah dibuktikan dengan nilai yang masih dibawah KKM,juga ditandai dengan siswa-siswanya ada yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an denganbaik, tidak bisa membedakan huruf-huruf hijaiyah sehingga pelafalannya dan pengucapannya pun masih salah, siswa kurang memahami tajwid, waqaf, maupun makharijul hurufnya.Penyebab dari fenomena diatas yaitu guru masih belum memberikan metode yang tepat. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan guru, salahsatunya adalah metode Yanbu’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an siswa, (2) kemampuanmembaca dan menulis Al-Qur’an siswa setelah mendapat pembelajaran menggunakan metode Yanbu’a, dan (3) pengaruh penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dipengaruhi oleh banyak factor. Salah satunya metode yangtepat, termasuk metode Yanbu’a. Atas dasar itu peneliti memilih metode Yanbu’a untuk memudahkan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an sehingga terhindar dari kesalahan- kesalahan dasar atau pokok yang dianggap fatal. Berdasarkan analisis yang dilakukan tingkat keberhasilan kelas ekperimen lebih mendominan meningkat dibandingkan kelas kontrol hasil tersebut dapat dilihat melalui nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,53 di bandingkan pada kelas kontrol yaitu 70.19. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan melalui hasil hipotesis bahwasanya metode yanbua terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis kelas ekperimen bersignifikan 000 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat pengaruh yang signifikan). Adapun membaca dan menulis Al-Qur’an semangkin meningkat dibanding sebelum menggunakan metode yanbu’a.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22962
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sitihariati Br Ginting (1901020120) (1).pdf4.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.