Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22958
Title: Pengaruh Metode Pembelajaran SAVI Terhadap Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Authors: Pulungan, Muliana
Keywords: Metode SAVI;Aktivitas Belajar
Issue Date: 25-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan uuntuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode SAVI terhadap aktivitas belajar bahasa Indonesia di kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung sebanyak 27 siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini diambil dari lembar observasi yang akan diujikan kepada siswa kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung, dimana yang pertama peneliti melakukan metode ceramah kepada siswa kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung dan yang kedua, peneliti menggunakan metode SAVI (Somatis,Auditori,Visual,Intelektual) untuk mendapatkan hasil yang akan diperoleh di dalam lembar observasi. Pada hasil kedua terdapat kenaikan atau peningkatan nilai pada siswa. Kemudian, berdasarkan hasil uji hipotesis yang sudah dilakukan oleh peneliti pada (uji t) perhitungannya menunjukkan pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung 3,395 sedangkan untuk ttabel pada N=27-1 yaitu 2,056. Maka thitung 3,395>ttabel 2,056 maka dapat disimpulkan hasil bahwa Metode SAVI (Somatis,Auditori,Visual,Intelektual) memberikan pengaruh terhadap aktivitas belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung. Dikatakan berpengaruh karena nilai thitung 3,395>ttabel 2,056.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22958
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MULIANA PULUNGAN-1902090171.pdfFull Text2.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.