Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2294
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Panjaitan, Elli Yani | - |
dc.date.accessioned | 2020-03-10T03:53:15Z | - |
dc.date.available | 2020-03-10T03:53:15Z | - |
dc.date.issued | 2017-02-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2294 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa di kelas VIII SMP PAB 8 SAMPALI. Objek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis data dengan menggunakan observasi dan wawancara meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat, mendapat perubahan pada siswa-siswi sudah mulai mampu meningkatkan kepercayaan dirinya dalam mengemukakan pendapat, sudah mulai aktif mengikuti pelajaran, sudah mulai berani mengeluarkan pendapatnya, sudah mulai berani bertanya dan mulai nilai-nilai yang diperoleh sudah meningkat dengan penerapan layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2017/2018 | en_US |
dc.subject | Layanan Bimbingan Kelompok | en_US |
dc.subject | Mengemukakan Pendapat | en_US |
dc.subject | Kepercayaan Diri | en_US |
dc.title | Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mengemukakan Pendapat Kelas VIII SMP PAB 8 Sampali | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mengemukakan Pendapat Kelas VIII SMP PAB 8 Sampali.pdf | 266.65 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.