Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22923
Title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SD SWASTA PAB 10 SAMPALI
Authors: PURBA, SUSIYANI
Keywords: Keterampilan Membaca;Media Kartu Kata
Issue Date: 25-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa karena kurangnya kemampuan dalam membaca siswa di Kelas I SD Swasta PAB 10 Sampali, karena media yang digunakan oleh guru hanya terbatas pada buku dan papan tulis. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Swasta PAB 10 Sampali, bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I SD Swasta PAb 10 Sampali. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Swasta PAB 10 Sampali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Swasta PAB 10nSampali yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik tes dan non tes. Instrument penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yan dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Swasta PAB 10 Sampali. Pada siklus I hasil keterampilan membaca siswa yang memenuhi KKM sebanyak 16 siswa (64%). Pada siklus II hasil keterampilan membaca siswa yang memenuhi KKM sebanyak 20 siswa (80%). Dengan demikian ada peningkatan dari siklus I dan Siklus II sebanyak 4 siswa (16%). Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22923
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SUSIYANI PURBA 1902090165.pdfFull Text6.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.