Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22910
Title: PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: NABILA, REZEKI HASANAH
Keywords: Pendekatan Saintifik;Kemampuan Menulis Teks Puisi
Issue Date: 18-Sep-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di mana objek yang diteliti adalah siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan pendekatan saintifik, rata-rata nilai pre-test kelas X-2 adalah 59,87 atau dalam kategori kurang, dan standar deviasi sebesar 15,46. Berdasarkan hasil penelitian setelah menggunakan pendekatan saintifik pada kelas X 2 diperoleh rata-rata sebesar 78,43 atau dalam kategori baik, dan standar deviasi sebesar 19,69. Pada pembelajaran pre-test terdapat 4 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau yang mencapai nilai 75, sedangkan 12 siswa tidak memenuhi KKM. Pada pembelajaran post-test terdapat 12 siswa yang memenuhi KKM sedangkan 4 siswa lainnya tidak lulus KKM. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 16,00 dan jika dilihat nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan df = N - 1, 16 - 1 = 15 maka ttabel adalah 1,75. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel dengan menggunakan kriteria thitung > ttabel (16,00 > 1,75), maka Ha diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar kemampuan Menulis Puisi siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan tahun pembelajaran2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22910
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NABILA REZEKI HASANAH_.pdfFull Text5.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.