Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22885
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKUMALA, LALA-
dc.date.accessioned2023-11-25T03:45:03Z-
dc.date.available2023-11-25T03:45:03Z-
dc.date.issued2023-11-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22885-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilakukan dengan 2 siklus, untuk mengetahui tingkat berpikir kritis pada siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi satuan kerja perangkat daerah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan angket. Dari hasil penelitian untuk mengukur model Probem Based Learning dilakukan penyebaran angket, terdapat 10 item angket yang sudah valid dimana item ini sudah melalui tahap tes validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan Software SPSS 24. Dari hasil penelitian adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I dimana ketuntasan hanya 55,17% dengan jumlah siswa 16 orang, pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlah siswa 25 orang. Kemampuan berpikir siswa juga semakin meningkat dimana pada siklus I ini terdapat 10 (34,48%) siswa untuk kategori kurang kritis, 8 (27,59%) siswa untuk kategori cukup kritis, 11 (37,93%) siswa untuk kategori kritis dan tidak ada siswa untuk kategori sangat kritis dan tidak kritis dan pada siklus II terdapat 2 orang siswa (6,90%) untuk kategori sangat kritis, 18 orang siswa (62,07%) untuk kategori kritis, dan 9 orang siswa (31,03%) untuk kategori cukup kritis. Dari data ini, kita dapat melihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Problem Based Learningen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMK SWASTA JAMBI MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LALA KUMALA.pdfFull Text3.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.