Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2287
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMarini, Khairana-
dc.date.accessioned2020-03-10T03:25:55Z-
dc.date.available2020-03-10T03:25:55Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2287-
dc.description.abstractPermasalahan selalu ada pada dalam kehidupan, siswa yang kurang mampu memahami, berargumentasi atau menyampaikan pendapat dengan baik, terutama dalam proses belajar mengajar, kurang mampu tanggap pertanyaanpertanyaan dikelas, takut untuk mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas dan untuk mengetahui bentuk-bentuk kecemasan berbicara yang terjadi pada siswa di kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah sebanyak 87 siswa dan objeknya sebanyak 10 siswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sesuai dengan upaya mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas dengan teknik fun game melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penyajian data. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas dengan teknik fun game melalui layanan bimbingan kelompok sudah diterapkan seiring pembiasaan siswa dalam proses belajar di kelas. Dengan adanya layanan tersebut, masalah anak yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas sudah mulai mampu untuk mengemukakan pendapatnya di depan kelas tanpa adanya kecemasan berbicara.en_US
dc.subjectUpaya Mengurangi Kecemasan Berbicaraen_US
dc.subjectBimbingan Kelompoken_US
dc.subjectTeknik Fun Gameen_US
dc.titleUpaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa Di Depan Kelas Dengan Teknik Fun Game Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Kelas VIII Di SMP Harapan Mekar Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.