Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22879
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRamadani, Raisa-
dc.date.accessioned2023-11-25T03:36:12Z-
dc.date.available2023-11-25T03:36:12Z-
dc.date.issued2023-09-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22879-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa di kelas III SD Negri 065005 Medan, karena model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu “Apakah penerapan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading Compotion (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 065005 Medan Tahun ajaran 2023/2024 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 065005 Medan yang berjumlah 28 siswa yang terdiri 15 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 065005 Medan. Hasil keterampilan membaca diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) terdapat 7 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 25% dan siswa yang tidak tuntas 21 siswa dengan persentase ketuntasan 75%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 16 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 57,%, dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 43%, berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 10 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 26 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 93%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 7%. Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 10 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapaten_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectKeterampilan Membacaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC)en_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 065005 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAISA RAMADANI.pdf5.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.