Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22875
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Kurniawati, Ira | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-25T03:25:06Z | - |
dc.date.available | 2023-11-25T03:25:06Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-18 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22875 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa di kelas V SDN 050700 Secanggang, karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian yaitu apakah pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 050700 Secanggang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL pada siswa kelas V SDN 050700 Secanggang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 050700 Secanggang yang berjumlah 22 siswa yang terdiri 12 perempuan dan 10 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 050700 Secanggang. Hasil menulis puisi sebelum diterapkan metode CTL terdapat 10 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 45% dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 55%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 13 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 59%, dan siswa yang tidak tuntas 9 siswa dengan persentase ketuntasan 41%, berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 3 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 91%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 9%. Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 7 siswa. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Keterampilan Menulis Puisi | en_US |
dc.subject | Pendekatan Pembelajaran CTL | en_US |
dc.title | Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas V SD Negeri 050700 Secanggang | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI IRA KURNIAWATI.pdf | 8.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.