Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22871
Title: | EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 BINJAI KAB. LANGKAT TAHUN AJARAN 2022/2023 |
Authors: | ANINDYA, INDRIE AMBARSARI |
Keywords: | Konseling Individual;Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy;Kecerdasan Emosional |
Issue Date: | 4-Sep-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional pada siswa SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan konseling individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy (CBT). Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan konseling individual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa yang mengalami kecerdasan emosional rendah. Hasil penelitian ini menunjukanbahwa siswa yang mengalami kecerdasan emosional ditinjau dari beberapa indikator antara lain kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy. (2) terdapat perbedaan yang signifikan keverdasan emosional siswa pada kelompok kontrolsebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan konseling individual. (3) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment). |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22871 |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Anindya (2).pdf | Full Text | 3.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.