Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22862
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | TANJUNG, RAHMAN RIZKI | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-25T02:08:36Z | - |
dc.date.available | 2023-11-25T02:08:36Z | - |
dc.date.issued | 2023-11-25 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22862 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi konsep pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar Muhammadiyah, mengetahui proses pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar Muhammadiyah dan juga mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 62 Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan memenuhi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pertama, konsep pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar Muhammadiyah adalah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum pendidikan dan jadwal kegiatan dari program tersebut tanpa menggangu proses belajar mengajar yang berlangsung, serta pihak sekolah, sehingga dalam melaksanakan program pihak sekolah dan juga ikatan pelajar Muhammadiyah saling berkesinambungan dan juga saling menguntungkan. Kedua Proses pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar Muhammadiyah yaitu dengan selalu menjalankan program yang telah disusun oleh pimpinan umum dan juga didampingi oleh pembina IPM. Adapun program tersebut adalah mabit,ishoma,apel pagi dan juga muhadarah, program-program tersebut selalu rutin dilaksanakan sehingga dapat terlihat perubahan kepada kader terkhusus para siswa sebagai mana yang diharapkan. Adapun yang ketiga faktor- faktor pendukung dan penghambat proses pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar muhammadiyah yaitu: adapun faktor pendukung ada beberapa macam misalnya,lingkungan sekolah,motivasi dan dukungan dari orang tua serta dukungan dari masyarakat. Adapun faktor penghambat yaitu orang tua memerlukan bantuan anaknya dan juga sebagian kader ada yang kurang sehat. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | : Pendidikan | en_US |
dc.subject | Karakter | en_US |
dc.title | PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 62 KABUPATEN TAPANULI TENGAH | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_Rahman_Rizki_Tanjung_Softcopy.pdf | Full Text | 5.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.