Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22843
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HALIZA, NUR | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-25T01:30:53Z | - |
dc.date.available | 2023-11-25T01:30:53Z | - |
dc.date.issued | 2023-11-25 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22843 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi Scratch di Tingkat SMP khususnya kelas VII. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan suatu media pembelajaran berbasis aplikasi Scratch, serta melihat respon para peserta didik terhadap ketertarikan pada media yang sudah didesain. Penelitian ini menggunakan model MDLC (Metode Development Life Cycle) versi Luther melalui 6 tahap yaitu Konsep (Concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan bahan materi (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing), Distribusi (Distribution). Teknik pengambilan data yang digunakan dengan membagikan lembar angket. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi Scratch dengan materi perbandingan yang di dalam media tersebut terdapat audio, teks, dan gambar. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh 2 orang dosen matematika dan guru kelas VII memperoleh nilai sebesar 95 % oleh ahli media menyatakan sangat valid, 95% oleh ahli materi menyatakan sangat valid, dan 95% hasil respon peserta didik menyatakan sangat baik. Dengan demikian media yang sudah didesain oleh peneliti berbasis aplikasi Scratch ini layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. | en_US |
dc.subject | Aplikasi Scratch, Desain, MDLC | en_US |
dc.title | DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI SCRATCH DI TINGKAT SMP | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSII NUR HALIZA.pdf | 7.73 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.