Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2281
Title: Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Teknik Brain Gym Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa SMP Swasta Imelda Medan
Authors: Tarigan, Winda Handayani
Keywords: Teknik Brain Gym;Layanan Bimbingan Kelompok, Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber tertentu (terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari bagi individu sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SWASTA IMELDA MEDAN Tahun Ajaran 2017/2018, yang beralamat di Jalan Bilal Ujung No. 24. Metode penelitian ini adalah deduktif kualitatif dengan Subjek dan Objek penelitian adalah: siswa kelas VII untuk dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym. Proses pengambilan data dilakukan selama tiga minggu yakni pada bulan januari-Februari 2018, dengan teknik pengumpulan data, wawancara, obeservasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym melalui layanan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan meningkat, dilihat dari hasil laiseg dan hal ini terbukti pada perubahan sikap siswa dikelas, yang tadinya kurang konsentrasi belajar menjadi lebih konsentrasi dalam belajar dikelas, perubahan tersebut setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dalam upaya pencapaian sasaran dilakukan bersama antara konseli dan konselor. Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan. Meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas VII-E di SMP Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2017/2018 berjalan dengan baik. Dapat dilihat dari hasil instrumen yang terus mengalami perkembangan di setiap siklusnya, yakni setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I mengalami perkembangan sebesar 50% akan tetapi belum mencapai kategori baik maka penelitian dilanjutkan pada siklus II, pada tahap ini hasil yang dicapai sudah masuk kategori baik yaitu 80%. Berdasarkan hasil tersebut maka teknik brain gym dan penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2281
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.