Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22804
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAgustin, Yulia Dwi-
dc.date.accessioned2023-11-24T13:56:30Z-
dc.date.available2023-11-24T13:56:30Z-
dc.date.issued2023-11-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22804-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran Pop up book pada pelajaran IPA kelas IV SDN.104280. Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah serta guru masih belum menggunakan media secara kreatif dalam menyampaikan materi kepada peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengoptimalkan pelajaran IPA khususnya materi daur hidup hewan, maka dikembangkan media pembelajaran pop up book sebagai pendamping pada saat mengajar. Pengembangan media pembelajaran pop up book ini bertujuan sebagai penambah keanekaragaman media pembelajaran IPA serta upaya dalam meningkatkan daya tarik siswa dalam pelajaran IPA. Pada penelitian ini, penelitian memilih menggunakan model ADDIE. Model ini adalah singkatan dari Analys, Desaign, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu melibatkan satu kelas yang berjumlah 28 orang siswa kelas IV SD Negeri 104280 Desa Pulau Gambar, Kab.Serdang Bedagai. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket validasi untuk 3 ahli dan angket angket kepraktisan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh rata-rata 91% kategori sangat layak berdasarkan validator materi, nilai 99% kategori sangat layak berdasarkan validator desain media, dan nilai 98% kategori sangat layak berdasarkan validator bahasa. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 96% dan untuk respon siswa 89,8%, artinya media pembelajarankriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book telah dinyatakan sangat layak dan dangat praktis.en_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPop Up Booken_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN.104280 Desa Pulau Gambar Kab. Serdang Bedagai.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YULIA DWI AGUSTIN (PDF).pdfFull Text9.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.