Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22763
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN 066662 MEDAN DENAI
Authors: SARI, FATMA
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD);Problem Based Learning
Issue Date: 24-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development (R&D). Adapun hasil penelitian menunjukkan pengembangan LKPD Perbandingan dan Skala berbasis Problem Based Learning dikembangkan dengan memperhatikan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 2 kelas IV dan ditambahkan dengan tahapan-tahapan pembelajaran Problem Based Learning. LKPD yang dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan di uji coba pada siswa SD kelas IV di SD Negri 066662 Medan Denai. Kualitas LKPD berbasis Problem Based Learning telah mencapai standar kelayakan pembelajaran dari hasil penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis penilaian LKPD oleh dosen ahli materi, bahasa, dan media dengan memperoleh skor rata-rata 90% maka LKPD yang dikembangkan memiliki kualitas baik dan dapat dijadikan sebagai salah satu alat bantu dalam pembelajaran tematik. Dari hasil angket respon peserta didik menunjukan kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 90% yang berarti LKPD ini memenuhi kategori valid dan praktis digunakan sebagai salah satu bahan ajar bagi peserta didik SD khususnya di Kelas IV.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22763
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FATMA SARI.pdfFull Text3.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.