Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22751
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Suryati Aulya-
dc.date.accessioned2023-11-24T03:32:44Z-
dc.date.available2023-11-24T03:32:44Z-
dc.date.issued2023-11-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22751-
dc.description.abstractKreativitas merupakan suatu tuntutan pendidikan dan kehidupan yang sangat penting pada saat ini. Kreativitas akan menghasilkan berbagai inovasi dan perkembangan baru dalam suatu kehiduapan. Individu dan organisasi yang kreatif akan selalu dibutuhkan oleh lingkungannya karena mereka dapat mampu memenuhi kebutuhan lingkungan yang terus berubah dan mampu untuk bertahan dalam kompetisi global yang dinamis dan ketat. Potensi kreatif yang sangat penting tersebut pada dasarnya dimiliki oleh setiap anak, bahwa anak-anak memiliki ciri-ciri oleh para ahli sering digolongkan sebagai ciri individu kreatif. Model pembelajaran mind mapping melalui bimbingan kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada sejumlah individu dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk meningkatkan segala potensi yang dimiliki sejumlah individu serta untuk memperoleh informasi baru yang akan di bahas melalui sebuah mind mapping yang mengajarkan siswa cara belajar efektif dan menyenangkan bagi siswa karena membantu siswa untuk lebih kreatif dan imajinatif. mind mapping termasuk cara kreatif, efektif, bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran dengan harapan peserta didik dapat mengembangkan imajinasi secara bebas. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik mampu meningkatkan daya ingat terhadap materi yang disampaikan oleh pendidik.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping melalui layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Objek didalam penelitian ini adalah siswa VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 8 orang yang memiliki kreativitas yang masih rendah. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam satu siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan, dapat dipahami bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping melalui layanan bimbingan yang di terapkan di kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan kreativitas siswa.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Mind Mapping, Layanan Bimbingan Kelompok, Kreativitasen_US
dc.title“Penerapan Model Pembejaran Mind Mapping Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi fix.pdf24.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.