Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22735
Title: KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 SIPISPIS KECAMATAN SIPISPIS KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Authors: JUHRI PURBA, AMINATUL
Keywords: Kepemimpinan;Kepala Sekolah;Kinerja Guru.
Issue Date: 23-Sep-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas guru di SMP Negeri 1 Sipispis. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Kepemimpinan yang tepat membantu proses efektivitas guru menjadi efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan seperti apa yang diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Sipispis, mengetahui model manajemen yang akan diterapkan dan mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru menggunakan perannya yaitu kepala sekolah sebagai educator, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Pola kepemimpinan partisipan yang diterapkan oleh kepala sekolah diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Sipispis. Kendala dalam meningkatkan kinerja guru adalah faktor jabatan kepala sekolah yang singkat, ketidak disiplinan beberapa guru dikarenakan jarak tempuh dari rumah ke sekolah jauh, dan penghasilan atau honor yang diterima guru kecil.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22735
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS AMINATUL JUHRI PURBA 2120060005.pdf3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.