Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22733
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMalina, Desi Nahrum-
dc.date.accessioned2023-11-24T02:52:47Z-
dc.date.available2023-11-24T02:52:47Z-
dc.date.issued2023-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22733-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang berkonsentrasi saat pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Brain Gym (Senam Otak) apakah dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV MIS Islamiyah Yaspenjar Dolok Manampang. Metodologi dalam penelitian ini yaitu PTK. Penelitian dilakukan pada tanggal 4 Mei – 11 Mei 2023. Subjek penelitian siswa siswa kelas IV MIS Islamiyah Yaspenjar Dolok Manampang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Brain Gym (Senam Otak) pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV MIS islamiyah yaspenjar dolok manampang dapat diketahui bahwa peningkatan hasil konsentrasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada data awal siklus hasil konsentrasi belajar siswa 33%, terjadi peningkatan pada siklus I 42% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan 88%. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa penggunaan metode Brain Gym (Senam Otak) berhasil meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Karena konsentrasi belajar siswa telah mencapai 88% maka siklus diberhentukan pada siklus IIen_US
dc.publisherUMSuen_US
dc.subjectMetode Brain Gym (Senam Otak)en_US
dc.subjectKonsentrasi Belajaren_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Brain Gym (Senam Otak) Dikelas IV MIS Islamiyah Yaspenjar Dolok Manampangen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DESI NAHRUM MALINA.pdf2.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.