Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2271
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYulia, Agustina-
dc.date.accessioned2020-03-10T02:51:28Z-
dc.date.available2020-03-10T02:51:28Z-
dc.date.issued2017-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2271-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan interaksi sosial dengan menggunakan teknik psikoanalisis melalui layanan konseling individual pada siswa kelas XI SMK Negeri I Percut Sei Tuan. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan interaksi sosial dengan menggunakan teknik psikoanalisis melalui layanan konseling individual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana metode pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara. Objek dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa kelas XI yang direkomendasikan oleh guru BK sesuai dengan karakteristik siswa yang mempunyai interaksi sosial kurang baik. Dari hasil analisis data melalui layanan konseling individual dengan pendekatan psikoanalisis maka diperoleh hasil meningkatnya interaksi sosial pada siswa kelas XI SMK Negeri I Percut Sei Tuan.Hal ini dapat dilihat dengan adanya perubahan tingkah laku siswa saat berteman dengan teman-teman dikelasnya. Layanan konseling individual merupakan pertemuan konselor dengan konseli secara individual, dimana terjadi hubungan konseling yang bernuansa rapport, dan konselor berupaya memberikan bantuan untuk mengembangkan pribadi konseli serta konseli dapat mengantisipasi masalah – masalah yang dihadapinya. Layanan konseling individual yang di berikan kepada peserta didik (konseli) dengan menggunakan pendekatan psikoanalisis di fokuskan kepada sikap dan tingkah lakunya yang kemudian setelah pelaksanaannya peserta didik (konseli) mengalami perubahan positif yang di harapkan sebagai hasil dari pelaksanaan konseling individual.Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu atau seseorang dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan pendekatan psikoanalisis melalui layanan konseling individual dapat meningkatkan interaksi sosial. Bagi peneliti lain diharapkan dapat menggunakan teknik yang berbeda saat melakukan layanan misalnya dengan mengunakan teknik behavioral.en_US
dc.subjectInteraksi Sosialen_US
dc.subjectTeknik Psikoanalisisen_US
dc.subjectKonseling Individualen_US
dc.titleMeningkatkan Interaksi Sosial Dengan Menggunakan Teknik Psikoanalisis Melalui Layanan Konseling Individual Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri I Percut sei Tuanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.