Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22714
Title: PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN WORK ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA GURU MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA SMK NEGERI 3 MEDAN
Authors: FADILAH AHMAD, RIZKA
Keywords: Servant Leadership;Work Engagement Organization Citizenship;Kinerja
Issue Date: 12-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh servant leadership dan work engagement terhadap kinerja pegawai melalui Organizational Citizenship Behavior secara langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pegawai negeri sipil yang terdapat di SMK Negeri 3 Medan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh berjumlah 63 orang guru SMK Negeri 3 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan menggunakan uji Analisis Outer Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung servant leadership, work engagement dan Organization Citizenship Behavior berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dan servant leadership dan work engagement berpengaruh signifikan terhadap Organization Citizenship Behavior serta secara tidak langsung servant leadership dan work engagement berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru melalui Organization Citizenship Behavior pada SMK Negeri 3 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22714
Appears in Collections:Masters in Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Rizka Fadilah Ahmad (2120030003).pdf4.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.