Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22693
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNISA, FADILLATUN-
dc.date.accessioned2023-11-23T13:04:50Z-
dc.date.available2023-11-23T13:04:50Z-
dc.date.issued2023-11-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22693-
dc.description.abstractKeaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih sangat penting karena Fiqih merupakan disiplin ilmu yang mempelajari aturan dan hukum Islam yang harus ditaati. Pembelajaran Fiqih yang efektif membutuhkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, dengan begitu siswa mampu memahami konsep-konsep Fiqih dengan baik dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menjadi aktif dalam proses pembelajaran, siswa menjadi lebih mudah mengerti dan menginternalisasi konsep-konsep Fiqih. Hal tersebut mampu membantu siswa dalam mengambil keputusan yang benar dalam kehidupan sehari hari. Ketika siswa kreatif, cenderung lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran. Siswa yang aktif lebih banyak berpartisipasi dalam diskusi kelas, mengajukan pertanyaan, dan memberikan tanggapan terhadap materi yang disajikan oleh guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode active learning tipe card sort terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs PN 4 Medan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas data, uji homogenitas, uji paored sampel T test dan statistic deskriptif. Berdasrkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan setelah dilakukan metode Active Learning Tipe Card kepada peserta didik. Dimana sebelumnya sudah dilakukan pre test dan post test melalui uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji t. Uji normalitas data menunjukkan nilai sig Kolmogrov Smirnov > 0,05 yang terbilang normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai sig Based on Mean 0,06 > 0,05 yang homogen. Sedangkan dari uji t peserta didik menghasilkan data dengan menunjukkan nilai output pair 1 diperoleh kedua significance sebesar <,001 dan nilai itu kurang dari 0,005 pretest kelas Ekesperimen dan posttest kelas eksperimen, juga pada pretest kelas Kontrol dan postest kelas kontrol menghasilkan nilai yang sama.en_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectActive Learningen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PN 4 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi Fadillatun Nisa (1).pdfFull Text6.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.