Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22691
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNISA, KHAIRUN-
dc.date.accessioned2023-11-23T12:59:05Z-
dc.date.available2023-11-23T12:59:05Z-
dc.date.issued2023-11-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22691-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Mata Pelajaran PKn Terhadap Pengembangan Civic Skill Siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) dalam mata pelajaran PKn terhadap pengembangan civic skill siswa di SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar TP. 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar dan tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, dan menggunakan uji “t”. Berdasarkan perhitungan uji validitas terdapat 20 soal, setelah melakukan uji validitas tersebut > 0,388 maka dinyatakan keseluruhan nya valid, uji realibilitas nilai (x) yang diperoleh adalah 0,640 dan nilai (y) yang diperoleh adalah 0,841 maka dinyatakan reliebel, uji normalitas nilai yang diperoleh adalah 0,197 maka berdistribusi normal. Dan setelah dilakukan uji “t” Paired Sample Test dengan menggunakan SPSS 26.0 yaitu nilai sig sebesar 0,00, maka sig < 0,05 (0,00 < 0,05). Maka Ha diterima Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran PKn terhadap pengembangan civic skill siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki pengaruh dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)en_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectCivic Skillen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MATA PELAJARAN PKN TERHADAP PENGEMBANGAN CIVIC SKILL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 19 PEMATANGSIANTAR TP. 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHAIRUN NISA.pdfFull Text6.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.