Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2269
Title: Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Pendekatan Humanistik Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa
Authors: Guci, Ikhsan Fadli
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok;Perilaku Agresif
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Pendekatan Humanistik Dalam Mengurangi Perilaku Agresif siswa kelas VIII SMP MUHAMMADIYAH 08 Medan. Intrument penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 29 pertanyaan yang terdiri dari angket layanan bimbingan kelompok dan pertanyaan untuk angket perilaku agresif siswa. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 08 MEDAN yang berjumlah 32 orang dan siswa kelas VIII-B berjumlah 32 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan humanistik untuk mengurangi perilaku agresif siswa kelas VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 08 Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan variabel bebas ( layanan bimbingan kelompok ) dan variabel terikat ( perilaku agresif ). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup. Dari hasil penelitian yang telah dihitung, ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan humanistik untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Dengan koefisien 6,606 dengan taraf signifikan 5 % bila dibandingkan dengan yaitu 0,468 maka > atau 6,606 > 0,468. Kemudian dapat dilihat dari pengujian hipotesis uji “t” diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dan perilaku agrsif dengan >53 atau 3,8305 > 2,119. Dan taraf signifikan ά = 5 % dan dk – N-2 = 18-2 = 16, berdasarkan perhitungan di atas diperoleh 3,8305 sedangkan 2,119 maka diterima dan 0 ditolak. Dengan kata lain hipotesis dapat diterima.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2269
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.