Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22685
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHARDINI, NIKEN ALIYAH-
dc.date.accessioned2023-11-23T12:42:41Z-
dc.date.available2023-11-23T12:42:41Z-
dc.date.issued2023-11-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22685-
dc.description.abstractDunia pendidikan digunakan untuk dapat mempermudah pengajaran terhadap pendidik dan lebih mudah dipahami peserta didik. Tetapi belum semua pendidik mampu mengembangkan media pembelajaran. Mengajar matematika melalui perspektif etnomatematika membantu siswa untuk mengetahui lebih banyak tentang hal nyata, budaya, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk e-comic berbasis etnomatematika Istana Maimun menggunakan canva pada materi bangun ruang, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Swasta PAB 3 Saentis. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisan), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa e-comic berbasis Etnomatematika Istana Maimun pada materi bangun ruang di SMP Swasta PAB 3 Saentis. Berdasarkan hasil validasi terhadap media pembelajaran rata-rata hasil validator ahli media diperoleh 87,05%, hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 84,00%. Berdasarkan respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 89,06%. Penilaian literasi numerasi siswa tidak menggunakan media pembelajaran e-comic berbasis etnomatematika Istana Maimun dengan hasil 33,75% maka termasuk dalam kriteria rendah, penilaian literasi numerasi menggunakan media pembelajaran e-comic berbasis etnomatematika Istana Maimun dengan hasil 87,08%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-comic berbasis etnomatematika Istana Maimun telah dinyatakan sangat valid dan praktis serta dapat meningkatkan literasi numerasi siswa di SMP Swasta PAB 3 Saentisen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectE-Comicen_US
dc.subjectLiterasien_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS ETNOMATEMATIKA ISTANA MAIMUN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NIKEN ALIYAH HARDINI PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS ETNOMATEMATIKA ISTANA MAIMUN MEN.pdfFull Text6.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.