Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22679
Title: PENERAPAN PENDEKATAN CONFERENCING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DISKUSI SISWA KELAS V SD NEGERI 200103 PADANG SIDEMPUAN
Authors: HARAHAP, ZAKIAH MARITO
Keywords: Pendekatan Conferencing;Keterampilan Diskusi
Issue Date: 23-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berdiskusi siswa sebelum menerapkan pendekatan Conferencing pada pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 200103 Padang Sidempuan, untuk mengetahui kemampuan berdiskusi siswa sesudah menerapkan pendekatan Conferencing pada pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 200103 Padang Sidempuan, untuk mengetahui peningkatan kemampuan berdiskusi siswa pada materi IPA setelah menerapkan pendekatan Conferencing kelas V SD Negeri 200103 Padang Sidempuan. Adapaun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, maka pada saat pre test sebanyak 13 orang siswa yang belum tuntas atau 48,1% dan 14 orang dinyatakan tuntas atau 51,9%. Keterampilan berdikusi siswa dengan menggunakan pendekatan conferencing pada siklus I belum memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM sebanyak 3 orang siswa, dan 24 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM. Keterampilan berdikusi siswa dengan menggunakan pendekatan conferencing pada siklus II sudah memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM sebanyak 26 orang siswa, dan 1 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM. Hasil perhitungan gain diperoleh rata-rata siklus I sebesar 64,96 dan rata-rata siklus II sebesar 84. Sehingga diperoleh gain 54,4%. Artinya V SD Negeri 200103 Padang Sidempuan mengalami peningkatan keterampilan berdikusi dengan kategori sedang karena berada pada 31-70%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22679
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ZAKIAH MARITO HARAHAP.pdfFull Text1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.