Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22675
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPurba, Dinda Anatasya-
dc.date.accessioned2023-11-23T11:58:31Z-
dc.date.available2023-11-23T11:58:31Z-
dc.date.issued2023-11-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22675-
dc.description.abstractMedia berasal dari bahasa latin yaitu medius yang beararti “tengah”, perantara atau “pengantar”. Guru menggunakan media sebagai perantara dalam menyampaikan materi agar dapat dipahami oleh peserta didiknya dengan baik dan untuk mempermudah pendidik dalam penyampaian materi dan membuat peserta didik lebih antusias dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilator belakangi karena siswa kurang mampu untuk memecahkan permasalahan yang ada dalam IPA. Hal ini jelas berpengaruh terhadap hasil dari proses pembelajaran yang terjadi. Selain itu karena tuntutan kurikulum yang harus dicapai dengan maksimal menjadikan guru harus fokus terhadap target ketuntasan dari pembelajaran yang harus dicapai dengan menyelesaikan materi yang ada tanpa menghiraukan pemahaman secara menyeluruh dan penguasaan materi dari setiap siswanya. Penelitian ini bertujuan utuk mengatahui hasil belajar siswa kelas IV SDN 173569 Hutanamora kecamatan Silaen sebelum dan sesudah menerapkan media permainan Ular Tangga dan mengetahui pengaruh media Ular Tangga terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 173569 Hutanamora. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas IV SDN 173569 Hutanamora yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel terikat adalah pengaruh media Ular Tangga sebagai media permainan, variabel bebas adalah hasil belajar siswa kelas IV SDN 173569 Hutanamora. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berarti 0,000 < 0,05, maka Ha diterima. Maka dari itu dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa benar terdapat pengaruh media permainan Ular Tangga terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 173569 Hutanamora.en_US
dc.subjectPermainanen_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 173569 HUTANAMORAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Dinda_Purba_2023_Revisi Sidang (1).pdfFull Text2.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.