Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22611
Title: KONVERSI BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMP MENJADI MODUL BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING
Authors: NIHAYA, WAJIHAN
Keywords: Modul, Planning, Implementasi, Novelty, dan Validasi.
Issue Date: 23-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran yang dikonversi dari buku ajar Pendidikan Agama Islam tingkat SMP kelas VII. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Data penelitian yang diperoleh berasal dari analisis isi, studi pustaka dan dokumen serta validator yang terdiri dari 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa da ahli desain. Hasil penelitian terkait konversi buku ajar Pendidikan Agama Islam telah menghasilkan produk berupa modul pembelajaran kelas VII pada tingkat SMP yang fokus pada materi semester ganjil dan terdiri dari 5 bab serta memiliki 4 tahapan hingga mencapai proses finishing, yaitu: planning, implementation, novelty, and validation. Adapun hasil validasi dari modul yang dinilai oleh para validator memperoleh persentase rata-rata 78,57% untuk tahap pertama dan 84,28% untuk tahap kedua dari ahli materi dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk ahli bahasa mencapai persentase rata-rata 70,71% untuk tahap pertama dan 77,86% dengan kategori sangat layak dan dari validasi desain menghasilkan persentase rata-rata 70,00% untuk tahap pertama dan 81,00% untuk tahap kedua dengan kategori sangat layak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22611
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Revisi Sidang Wajihan Nihaya.pdf5.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.