Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22594
Title: PENGARUH METODE 3R (REUSE, REDUCE, RECYCLE) TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 29 SUNGGAL
Authors: KAMILA, TASYA
Keywords: Kreativitas;Siswa,
Issue Date: 23-Nov-2023
Abstract: Pendidikan adalah wadah yang dapat memberikan pengaruh taraf hidup dan kualitas manusia. Fase pendidikan dasar adalah tahap yang memiliki peranan yang cukup berharga untuk tumbuh kembang anak yang dapat mengubah taraf hidup manusia dimasa depan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 29 Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel yaitu Total Sampling dan total sampel sebanyak 24 responden. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat tingkat kreativitas siswa. Hasil observasi kreativitas siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sunggal sebelum menggunakan Metode 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) diterapkan pada pembelajaran memiliki hasil skor kreativitas pada rentang perolehan nilai rata-rata 37,6. Hasil ini memiliki arti bahwa kreativitas siswa termasuk kedalam kategori sangat rendah. Hasil observasi kreativitas siswa setelah diterapkan Metode 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) adalah seluruh siswa memiliki hasil skor kreativitas pada rentang nilai rata-rata 87,5. Hasil ini memiliku arti bahwa kreativitas siswa termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh < 0,05 sehingga H1 diterima dan memiliki arti bahwa Metode 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) memiliki pengaruh terhadap kreativitas siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sunggal. Guru diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan dan memanfaatkan model- model belajar yag bisa menambah keativitas siswa dan membuat kondisi pembelajaran menjadi menarik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22594
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TASYA KAMILAA.pdfFull Text6.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.