Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22566
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Wirda Mega Ermita-
dc.date.accessioned2023-11-23T02:12:46Z-
dc.date.available2023-11-23T02:12:46Z-
dc.date.issued2023-11-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22566-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Negeri 101947 Tanjung Buluh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif serta menggunakan teknik total sampling di mana seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah sebanyak 50 orang. Variabel bebas adalah Model Pembelajaran Saintifik sedangkan variabel terikat yaitu berpikir kritis siswa. Proses pengambilan data menggunakan pretest dan posttest dengan skala penilaian 0 dan 1. Kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 28. Hasil penelitian dari uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran saintifik dengan kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0,025 < 0,05 dengan kesimpulan H1 diterima dan H0 ditolak serta nilai thitung adalah 2,306 > 2,0106.en_US
dc.subjectPembelajaran, Saintifik, Berpikir, Kritis.en_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh T.A 2022/2023en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
windar (1).pdf5.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.