Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22505
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAini, Dira Mulia-
dc.date.accessioned2023-11-22T08:27:55Z-
dc.date.available2023-11-22T08:27:55Z-
dc.date.issued2023-11-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22505-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media canva terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X di SMKN 1 Kuta Cane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini di sekolah SMKN 1 Kuta Cane. Populasi penelitian ini berjumlah 313 siswa yang tersebar atas 9 kelas. Sampel yang digunakan dalam peneliian ini yaitu Random Sampling yang dilakukan dalam sistem acak kelas dan dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yang tersebar atas 2 kelas. Sebagai sampel penelitian yaitu kelas X TKJ 1 berjumlah 34 siswa yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen menggunakan media canva dan kelas X TKJ 2 berjumlah 34 siswa yang ditetapkan sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media canva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan alat pengumpulan data berupa tes, yaitu tes menulis teks negosiasi. Pada nilai kemampuan menulis teks negosiasi menggunakan media canva diperoleh mean 89,05 dan SD 4,11. Pada nilai kemampuan menulis teks negosiasi tanpa menggunakan media canva diperoleh mean 61,02 dan SD 3,72. Hasil analisis data media canva dengan tanpa media canva dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis atau uji-t. Hasil pengujian pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,47 > 1,895 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media canva berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X di SMKN 1 Kuta Cane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Dari hasil persentase nilai akhir menggunakan media canva juga berpengaruh dibandingkan tanpa menggunakan media canva yaitu perolehan 76,46% menggunakan media canva dan sedangkan perolehan 47,05% tanpa media canva.en_US
dc.subjectmengetahui pengaruh media canvaen_US
dc.subjecth metode eksperimen dan alat pengumpulan data berupa tesen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X DI SMKN 1 KUTA CANE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Dira Mulia Aini. 1902040082..pdfFull Text2.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.