Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22503
Title: PENGARUH PENGGUNAAN METODE JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MAS AISYIYAH BINJAI
Authors: SYAKBAINI, NUR AFNI
Keywords: Metode Joyfull Learning;ng, Hasil Belajar Fiqih
Issue Date: 22-Nov-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fiqih siswa MAS Aisyiyah Binjai sebelum dan sesudah penggunaan metode Joyfull Learning. Serta mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa MAS Aisyiyah Binjai. Pokok masalah dalam penelitian ini masih menggunakan metode ceramah dan juga metode tanya jawab dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran fiqih di MAS Aisyiyah Binjai, Sehingga dapat mengakibatkan cepat bosan dalam proses belajar berlangsung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Joyfull Learning yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Joyfull Learning terhadap hasil belajar fiqih di MAS Aisyiyah Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 102 orang. Pengamnilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling purposive. Yang dijadikan sampel adalah kelas XIB (kelas kontrol) sejumlah 35 siswa dan kelas XIC (kelas eksperimen) sejumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pilihan ganda dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan yang uji homogenitas. Kemudian uji hipotesis dengan signifikansi 000 < 0,005. Maka berdasarkan hasil uji tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar fiqih kelas eksperimen bersignifikan 0.000 < 0,05 maka dapat disebut Ho ditolak dan Ha diterima . Dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Terdapat pengaruh penggunaan metode Joyfull Learning terhadap hasil belajar fiqih di MAS Aisyiyah Binjai. Adapun hasil belajar fiqih meningkat dibanding sebelum menggunakan metode Joyfull Learning.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22503
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NUR AFNI SYAKBAINI.pdfFull Text5.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.