Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22497
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorGHOFUR, ABDUL-
dc.date.accessioned2023-11-22T07:47:29Z-
dc.date.available2023-11-22T07:47:29Z-
dc.date.issued2023-11-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22497-
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini adalah Efektivitas Pembelajaran Metode Tasmi’ Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Mts Ibadurrahman Stabat. Efektivitas pembelajaran banyak bergantung kepada kesiapan dan cara belajar yang dilakukan oleh siswa itu sendiri, baik yang dilakukan secara mandiri maupun kelompok Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dapat di artikan sebagai penelitian yang menghasilkan data deskriptif yaitu data yang dikumpulkan lebih mengambil bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. Peneliti berusaha untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat atas fenomena yang diteliti kemudian dianalisa, dengan data-data lainnya untuk mendapatkan hasil berdasarkan tujuan penelitian. Dari hasil penelitian Dalam bagian ini akan dipaparkan data yang didapat dari hasil observasi dan wawancara peneliti dengan sekolah serta ustad penampu tahfidz/setoran hafalan al-qur’an di MTS Ibadurrahman Stabat Langkat . Adapun data-data yang ditemukan peneliti diantaranya: Dengan kondisi siswa yang seluruhnya adalah pelajar, tentunya perlu perhatian khusus dalam menjaga kualitas hafalan Al-Qur’annya. Oleh karena itu metode Tasmi’ bacaan Al-Qur’an dan pembelajaran dan hafalan adalah salah satu cara yang tepat untuk menentukan keberhasilan siswa dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an. Seseorang yang menghafal Al-Qur’an harus selalu menghadap ke guru untuk takrir dan tasmi’ hafalan. Karena, melakukan takrir dan tasmi’ di hadapan guru/instruktur sangat bermanfaat untuk menguatkan hafalan yang sudah ada dalam memori otak kita. Disamping itu, bermanfaat juga untuk mengevaluasi benar/tidaknya baca’an.en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE TASMI’ DALAM MENGHAFAL AL-QURAN DI MTS IBADURRAHMAN STABATen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ABDUL GHOFUR 1801020118.pdfFull Text2.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.