Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22489
Title: | PENGARUH METODE DRILL BERBASIS SITA (Soal Cerita) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PADA SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN |
Authors: | SIMARMATA, ROTUA |
Keywords: | Metode Drill;Kemampuan Numerasi |
Issue Date: | 22-Nov-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill berbasis SITA (Soal Cerita) terhadap kemampuan numerasi pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-PosttestDesign. Instrumen penelitian ini menggunakan test essai yang berjumlah 10 butir soal yang sudah dilakukan uji validitas isi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus Paired Sample T-Test yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode drill berbasis SITA (Soal Cerita) mempunyai nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan nilai signifikan antara data hasil penelitian pre-test dan post-test sehingga dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat dilihat juga sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode drill berbasis SITA (Soal Cerita) nilai rata-rata pre-test sebesar 61,0 sedangkan setelah diberi perlakuan menggunakan metode drill berbasis SITA (Soal Cerita) nilai rata-rata post-test sebesar 91,5. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode drill berbasis SITA (Soal Cerita) terhadap kemampuan numerasi pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 12 Medan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22489 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ROTUA SIMARMATA.pdf | Full Text | 3.4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.