Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22481
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SELIAN, AQILAH | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-22T05:07:01Z | - |
dc.date.available | 2023-11-22T05:07:01Z | - |
dc.date.issued | 2023-11-22 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22481 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 berjumlah 306 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas X TKJ 1 yang berjumlah 27 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning termasuk dalam kategori cukup dengan nilai ratarata 57,18. Sementara itu, kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 sesudah menggunakan model paembelajaran project based learning termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 83,33. Uji normalitas menggunakan uji Lillifors menghasilkan daftar populasi berdistribusi normal pada kedua data pretest dan posttest. Nilai πΏβππ‘π’ππ sebesar 0,11 > πΏπ‘ππππ sebesar 0,300 pada data pretest dan nilai πΏβππ‘π’ππ sebesar 0,04 > πΏπ‘ππππ sebesar 0,319 pada data posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data posttest berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh πΉβππ‘π’ππ< πΉπ‘ππππ atau 0,98 < 1,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari kelompok yang homogen. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji βtβ diperoleh nilai π‘βππ‘π’ππ> π‘π‘ππππ pada taraf signifikan Ξ± = 0,05 didapat π‘π‘ππππ = 2,056. Karena π‘βππ‘π’ππ> π‘π‘ππππ yaitu 8,52 > 2,056. sehingga π»π dinyatakan terbukti diterima., maka terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023. | en_US |
dc.subject | pembelajaran project based learning | en_US |
dc.subject | kemampuan menulis teks negosiasi | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X SMKN 1 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI AQILAH SELIAN.pdf | Full Text | 2.64 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.