Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22474
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARASWATI, ZUL-
dc.date.accessioned2023-11-22T04:49:13Z-
dc.date.available2023-11-22T04:49:13Z-
dc.date.issued2023-09-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22474-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurangnya minat siswa Kelas VIII SMP NEGERI 13 MEDAN terhadap kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerita pendek, untuk mengetahui kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerita pendek dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Kelas VIII SMP NEGERI 13 MEDAN, untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerita pendek siswa Kelas VIII SMP NEGERI 13 MEDAN. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIIIĀ¹ SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2022-202 yang terdiri dari siswa kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3, VIII.4, VIII.5, VIII.6, VIII,7.Peneliti mengambil sampel pada siswa kelas VIII-1 SMP NEGERI 13 MEDAN dengan jumlah siswa 30 siswa tersebut sulit dalam menulis cerpen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerpen sebelum menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) sangat rendah dimana hanya 6 orang siswa yang memenuhi nilai KKM sedangan yang belum memenuhi nilai KKM sebanyak 24 orang. Kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerpen sesudah menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) sangat tinggi dimana hanya 1 orang siswa yang tidak memenuhi nilai KKM sedangan yang memenuhi nilai KKM sebanyak 29 orang.Terdapat pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerpen Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.en_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Koopratif Tipe Think Pair Shareen_US
dc.subjectMenulis Teksen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN BERDASARKAN CERPEN KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Saraswati Zul S,Pd dokumen.pdfFull Text5.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.