Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22469
Title: PEMBERDAYAAN MASJID SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA MASJID AL-ITTIHAD PULO BRAYAN BENGKEL
Authors: NAZMI, LAILINA RAMLI
Keywords: Pemberdayaan;Sarana;Pendidikan Islam
Issue Date: 14-Sep-2023
Abstract: Dalam konteks penelitian Pemberdayaan masjid sebagai sarana pendidikan Islam bagi remaja masjid yang menujukkan bagai mana dalam pengelolaan masjid sebagai sarana pendididkan bahwa masjid bukan hanya tempat beribadah saja melaikan tempat pengaplikasian ilmu yaitu pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan 1)untuk mengetahui peran BKM dalam Meemberdayakan masjid sebagai sarana pendidikan Islam bagi remaja masjid Al-Ittihad, 2) Untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan oleh BKM dalam memberdayakan masjid sebagai sarana pendidikan islam bagi remaja masjid Al-Ittihad, 3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat kegiatan pemberdayaan masjid sebagai sarana pendidikan Islam bagi remaja masjid Al-Ittihad. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan berupa naskah wawancara, catatan lapangan dan gambar-gambar. tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakna berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Setelah dilaksanakan penelitian di proleh hasil bahwa, Badan Kenaziran Masjid (BKM) sangat berperan dalam setiap kegiatan yang berhubungan di masjid, peran BKM sangat strategis dalam pembentukan keagamaan remaja masjid dan sebagai upaya menumbuh kembangkan akhlak yang karimah dengan melibatkan mereka langsung dalam berbagai kegiatan yang ada dimesjid.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22469
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AMICHU revisi 1.pdfFull Text2.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.