Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22441
Title: MANAJEMEN PROGRAM DURUS IDHAFIYAH DI MAHAD ABU UBAIDAH BIN AL JARRAH
Authors: SUHAILA, REFIKA
Keywords: Manajemen Program, Akhlak Peserta Didik, Pengajar.
Issue Date: 22-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program durus idhafiyah di Mahad Abu Ubaidah bin Al Jarrah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan data dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di Mahad Abu Ubaidah bin Al Jarrah, menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanaan kegiatan program durus idhafiyah di markaz tahfizh mencakup pelatihan untuk pengajar, perencanaan materi, jadwal program, dan bimbingan pra program peserta didik dalam kegiatan BILHAQ yang menjadi syarat wajib sebelum diterima menjadi peserta didik tahfizh. 2) Pengorganisasian kegiatan program durus idhafiyah dilakukan dengan melibatkan mudir mahad, koordinator yang sekaligus sebagai pengajar, musyrif/ah, dan peserta didik sesuai dengan tugas dan perannya masing-masing. 3) Pelaksanaan kegiatan program durus idhafiyah dilakukan dengan membuka doa, peserta didik mempersiapkan alat tulis, pengajar bertanya mengenai pelajaran yang lalu, pengajar menjelaskan meteri pembelajaran, pengajar membuka ruang untuk bertanya dan menutup doa. 4) Pengawasan kegiatan program durus idhafiyah teroganisir dengan baik dari supervisi tertinggi yaitu mudir (pimpinan) mahad, koordinator, pengajar dan musyrif/ah. Pengawasan muysrifah agar peserta didik siap mengikuti pelajaran, pengajar bertanya mengenai pelajaran yang lalu sebagai pengawasan pemahaman peserta didik, mudir mahad yang melakukan pengawasan dengan melakukan kunjungan bulanan atau waktu yang tiba-tiba ke markaz tahfizh secara langsung. 5) Evaluasi kegiatan program durus idhafiyah dilakukan oleh mudir (pimpinan mahad) dan pengajar dengan melihat akhlak peserta didik secara langsung, kuatnya hafalan peserta didik dan juga melakukan rapat bulanan di internal mahad.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22441
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
beneri table dan halaman (1).pdf5.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.