Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22410
Title: IMPLEMENTASI METODE T3+M1 DALAM PENINGKATAN KUALITAS MENGHAFAL QUR’AN DI YAYASAN PENDIDIKAN QUR’ AN KISARAN
Authors: RAMADHANI, TAZKIYAH
Keywords: Implementasi;Metode T3+M1
Issue Date: 22-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana proses penerapan Metode T3+M1 di Yayasan Pendidikan Qur’an Kisaran. Menganalisis apa saja yang menjadi kendala dan pendukung penerapan Metode T3+M1 dalam peningkatan kualitas menghafal Qur’ an siswa. Menganalisis perkembangan dan pencapaian kualitas hafalan Qur’an dengan penerapan Metode T3+M1 pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Fenomenologi dengan jenis penelitian Deskriptif. Untuk teknik dalam pengumpulan data, penulis melakukan observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun pemeriksahan keabsahan data dengan dilakukannya Trigulasi Data. Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah Reduksi Data, Penyajian Data lalu Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode T3+M1 dilaksanakan dengan baik karna langkah-langkah yang sudah tersusun secara Sistematik. Selain itu didalam penerapannya terdapat terdapat kendala dan faktor pendukung yang di temukan. Faktor pendorongnya antara lain motivasi dari pihak keluarga, guru dan teman. Adapun kendala yang dirasakan adalah rasa bosan, malas, lelah, tidak bisa mengatur waktu, waktu program tahfidz yang cukup singkat dan kemampuan bacaan Qur’ an yang kurang baik. Perkembangan dan pencapaian kualitas hafalan siswa dengan Metode T3+M1 cukup pesat baik dari segi tajwid, tartil, fashahah dan kelancaran hafalan. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil Analisis Data nilai harian siswa yang meningkat setelah di terapkannya metode T3+M1.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22410
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Azki[1].pdfFull Text4.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.