Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22404
Title: | Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 38 Medan |
Authors: | Damanik, Surya Darma |
Keywords: | Problematika;Kurikulum Merdeka |
Issue Date: | 21-Nov-2023 |
Abstract: | Problematika merupakan suatu kendala atau permasalahan yang belum bisa untuk dipecahkan sehingga untuk menuju tujuan menjadi terhambat dan tidak maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 38 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengolahan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, informan yang akan di teliti ialah guru PAI, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum Di SMP Negeri 38 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problematika guru PAI di SMP Negeri 38 Medan. kurangnya guru dalam memahami kurikulum merdeka sehingga menyebabkan penerapan kurikulum merdeka menjadi kurang maksimal dan berdampak pada proses pembelajaran, sedangkan permasalahan guru dalam membuat modul ajar serta mengalisis capaian pembelajaran disebabkan dalam menyusun capaian pembelajaran harus benar – benar teliti karena di buat per fase. Dalam penyusunan perencanaan pembelajaran guru belum sepenuhnya paham karena perencanaannya sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Solusi yang di lakukan untuk mengatasi permasalahan permasalahan seputar kurikulum merdeka maka guru harus ikut serta dalam Sosialisai, workshop dan forum MGMP yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22404 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Bismillah Skripsi Surya.pdf | Full Text | 4.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.