Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/223
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKamal, Rabiyatul Adawiyah-
dc.date.accessioned2020-02-29T06:38:10Z-
dc.date.available2020-02-29T06:38:10Z-
dc.date.issued2019-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/223-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan T.P. 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan yang berjumlah 230 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 dengan masingmasing kelas sampel berjumlah 32 siswa yang telah ditentukan sebelumnya menggunakan teknik simple random sampling. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah pretes dan postes berbentuk soal uraian singkat terdiri dari 10 soal pada setiap tesnya dan disesuaikan dengan materi pembelajaran yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh keterangan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe make a match (pretes) menyatakan: jumlah nilai 1945; rata-rata nilai 60,8; varians 329,209; simpangan baku 18,144; dan normalitas L0 = 0,1245 < Ltabel = 0,1566 yang berarti populasi berdistribusi normal. Sedangkan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe make a match (postes) menyatakan: jumlah nilai 2535; rata-rata nilai 79,2; varians 408,24; simpangan baku 20,205; dan normalitas L0 = 0,1515 < Ltabel = 0,1566 yang berarti populasi berdistribusi normal. Kedua data pretes dan postes dinyatakan homogen berdasarkan uji homogenitas Fhitung = 1,24 < Ftabel = 1,83. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh bahwa thitung = 5,788 > ttabel 1,999. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan T.P. 2019/2020. Pengaruh tersebut didukung oleh proses pembelajaran yang diupayakan efisien dan efektif dalam tiga pertemuan, yang hasilnya menyatakan bahwa keaktifan siswa dalam belajar pada setiap pertemuannya meningkat sesuai yang diharapkan.en_US
dc.subjectKooperatifen_US
dc.subjectMake A Matchen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.pdf16.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.